NAMA-NAMA MALAIKAT YANG HARUS KITA KETAHUI SEBAGAI UMAT MUSLIM

NAMA-NAMA MALAIKAT YANG HARUS KITA KETAHUI SEBAGAI UMAT MUSLIM



  • Malaikat Jibril AS

Selain menyampaikan wahyu, malaikat Jibril juga bertugas sebagai penyambung hidayah ke dalam hati manusia dari Allah SWT. Beliaulah yang menaruh hidayah kepada para pemimpin untuk berbuat adil dan beliau pula yang mencabutnya apabila diperintahkan oleh Allah

  • Malaikat Mikail AS

Bertugas menyebarkan rezeki yang sudah Allah tentukan kepada makhluk-Nya. Bentuk rezeki yang diberikan sangatlah beragam, mulai dari kesehatan, keselamatan, harta, hujan dan lain lain. Pada intinya, ia bertugas mengurus kesejahteraan makhluk-makhluk hidup yang tinggal di bumi, termasuk tanaman dan hewan.

  • Malaikat Ridwan AS

Malaikat Ridwan diberikan amanah oleh Allah untuk menjaga surga. Yaitu, menjaga surga dan penduduknya agar merasa aman dan tentram. Ia pula yang akan menyambut orang-orang beriman ketika mereka memasuki surga dengan ucapan selamat dan wajah yang berseri-seri. Semoga kita semua dapat memasuki surga Allah SWT.

  • Malaikat Malik AS

Malaikat Malik merupakan pemimpin para malaikat penjaga dan penyiksa neraka. Digambarkan, ia adalah sosok yang tegas dan tidak memiliki rasa kasihan kepada para penduduk neraka sedikitpun. Malaikat Malik memimpin para malaikat penyiksa yang jumlahnya sangat banyak.

  • Malaikat Munkar dan Nakir AS

Malaikat Munkar dan Nakir adalah nama dari jenis malaikat yang akan memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada para arwah orang yang sudah meninggal di alam kubur. Pertanyaan-pertanyaan yang akan ditanyakan adalah seputar Tuhan, Rasul dan Agama para mayit yang kita juga akan segera menyusul mereka.

  • Malaikat Raqib dan ‘Atid AS

Malaikat ini tugasnya adalah mencabut nyawa setiap makhluk apabila waktu hidup di dunianya sudah habis. Nama malaikat Izra’il as sebetulnya tidak pernah disebutkan di dalam al-Qur’an dan hadits yang shahih, melainkan nama tersebut berasal dari kisah-kisah Bani Isroil. Yang disebutkan di dalam al-Qur’an untuk malaikat ini hanyalah “Malaikat Maut”

  • Malaikat Israfil AS

Malaikat Israfil as adalah malaikat yang Allah tugaskan untuk meniup sangkakala, yang menjadi pertanda bahwa dunia sudah kiamat. Apabila sangkakala tersebut ditiupkan, maka seluruh makhluk Allah akan mati, kecuali yang Dia kehendaki.

Comments